EXCEL Table Part 1



Tidak dipungkiri aplikasi Excel masih jadi primadona dalam pengolahan data. Aplikasi Excel sangat mudah dipelajari dan dipahami dan pastinya sangat membatu kita dalam menyelesaikan tugas-tugas pendataan.

Saya yakin temen-temen sudah mahir dan mempunyai pemahaman tingkat tinggi soal pengaplikasian Excel ini. Disini saya tidak bermaksud menggurui temen-temen, melainkan hanya sebagai pengingat untuk diri saya sendiri atau sebagai bahan pembelajaran temen-temen yang belum paham.

Disini saya mencoba menerangkan apa kelebihan Table yang ada di dalam Aplikasi Excel 2013 ini. Untuk menambahkan table, temen-temen bisa menekan tombol keyboar CTRL+T secara bersamaan. Atau temen-temen juga bisa meng-klik tab INSERT lalu pilih Table.


Setelah temen-temen meng-klik Table, akan muncul tempilan seperti dibawah ini, lalu temen-temen tinggal pilih atau select range table yang akan temen-temen gunakan. Lihat gambar berikut:

Jika temen-temen sudah mendefinisikan range atau area table, temen-temen bisa langsung memberikan nama pada kolom-kolomnya sesaui kebutuhan temen-temen. Gambar berikut sebagai contoh.

Setelah temen-temen memberi nama kolom-kolomnya, temen-temen bisa langsung mengisi datanya. Juga temen-temen bisa menabahkan kolom baru dengan cara menarik handle yang ada di pojok kanan bawah.


Lalu pasti temen-temen bertanya, apa kelebihan menggunakan Table ini dan temen-temen pun pasti lanjut bertanya, bukankan kita bisa men-design table kita sendiri tanpa harus melalui insert table?

Ya, mungkin temen-temen sudah biasa membuat table tanpa harus insert table. Tapi perlu temen-temen ketahui, jika kita Insert Table memiliki beberapa kelebihan, diantaranya:


  1. Auto filter.
  2. Tabel otomatis memiliki nama (bisa dirubah di tab Design)
  3. Styled (cek di tab Design)
  4. Support Footer Total (cek di tab Design)
  5. Formula mudah dibaca, yang biasanya =D2*F2 sekarang =[@QTY]*[@Price]. Mudah dipahami bukan?
  6. Formula akan ter-copy secara otomatis untuk row/baris berikutnya tanpa harus di tarik.
  7. Jika temen-temen akan menjadikan table tersebut sebagai referensi, temen-temen bisa langsung memanggilnya tanpa.
Sementara sampai sini dulu pengenalan Table pada excel. Sebenernya masih banyak kelebihan dari table ini, nanti kita bahas ya... Semoga bermanfaat. :)


Next Post Newer Post Previous Post Older Post Home

0 comments :

Post a Comment